source : http://doktersehat.com

Rasa cemas hingga stress biasanya sering menghantui bagi calon pengantin sebelum memasuki masa persiapan pernikahan. Setelah prosesi lamaran yang dikemas dalam balutan anggun batik wanita hingga terciptanya rasa bahagia diantara pasangan calon pengantin seolah-olah sirna saat menghadapi detik-detik acara pernikahan.

Hal tersebut memang biasa terjadi dan masih dalam tahapan yang wajar. Namun yang harus dihindari ialah jangan sampai hal tersebut malah membuat proses persiapan acara menjadi terganggu. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk persiapan pernikahan tanpa perlu mengalami rasa cemas dan stres, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan berkesan.

Berikan batasan pada proses persiapan pernikahan

Bagilah waktu untuk khusus membahas persiapan pernikahanmu, jangan sampai menyita seluruh waktu hingga perhatianmu malah semuanya tertuju kesana. Hal tersebut memang penting untuk dibahas dan dipikirkan, namun kamu juga tetap perlu untuk beristirahat dan melakukan kegiatan lainnya.

Sediakan waktu tertentu untuk bersantai dan terbebas dari pembicaraan ataupun pembahasan mengenai hal persiapan pernikahan seperti fitting baju, mencari desain undangan ataupun meeting dengan event organizer. Hindari pula saat bertemu dengan pasangan selalu membahas acara persiapan pernikahan kalian, sesekali kamu dapat membicarakan hal lain yang menyenangkan berdua.

Buat Jadwal yang Detil

Salah satu cara untuk memastikan semua tugas dan pekerjaan dapat terlesesaikan dengan baik adalah dengan membuat list jadwal yang detil. Kamu dapat membuat jadwal mulai dari waktu dan hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menuju ke acara pernikahanmu itu. Misalnya tentukan waktu untuk menentukan tanggal, lokasi acara hingga menghubungi wedding organizer untuk mengadakan tema acara pernikahanmu.

Dengan begitu kamu dapat memikirkan hal lain yang utama dan dapat terselesaikan dengan cepat sebelum waktu deadline. Dengan adanya jadwal yang terperinci kamu juga dapat mengetahui dan mencatat hal-hal apasaja yang telah selesai dan yang masih harus dikerjakan.

Usahakan Memakai Wedding Organizer

Mungkin kamu menganggap dengan mengerjakannya sendiri tanpa harus memakai jasa wedding orgnizer akan dapat menghemat biaya pernikahan. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, terkadang kamu malah dapat mengeluarkan biaya yang lebih jika mengerjakannya semua sendiri bahkan kamu bisa juga mengalami stres, panik dan lelah karena memikirkan hal yang terlalu banyak.

Dengan memakai jasa wedding organizer yang profesional maka akan dapat membantumu dalam berbagi tugas serta kamu dapat mengerjakan hal lain dengan lebih efektif dan efisien.

Fokus pada Tujuan Akhir, Bukan Hanya pada Acaranya Saja

Pesta pernikahan memang suatu hal yang penting, namun ada hal yang lebih penting lainnya yaitu setelah pesta pernikahan tersebut. Setelah acara pernikahan selesai justru disitulah mulai awal lembaran perjalanan hidup barumu dengan pasangan.

Dari beberapa ulasan diatas, ternyata untuk mempersiapkan sebuah acara pernikahan tidaklah hanya sebatas memilih gaun pengantin dengan motif batik modern wanita dengan penuh aksesoris lainnya. Ternyata masih banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang.